Catatan dan inspirasi dari perjalanan dan petualangan hidup. Informasi paling lengkap tentang wisata. Semoga bisa bermanfaat. Jelajahi negeri, Cintai negeri, kenali Budaya dan Wisatanya.

Selasa, 08 November 2016

Pulau Arborek Raja Ampat

Posted by azis fals On 10.24 1 comment


Pulau Arborek merupakan salah satu pulau di kepulauan Raja Ampat Papua Barat. Termasuk pulau berpenghuni. Profesi warga arborek sendiri kebanyakan nelayan dan sekarang menjadi pemandu wisata, menjajakan makanan atau sekedar menyewakan penginapan seiring berkembangnya industri pariwisata disana. Rata-rata masyarakat yang kami temui dari sawingrai dan arborek sangat ramah. Senyumnya khas.. Hitam kulit keriting rambut, Aku papua.. mantap lagunya.

Dari ibukota Kabupaten Raja Ampat, Waisai, perjalanan ke Pulau Arborek dapat ditempuh dengan perahu boat. Kebetulan saat itu kami menginap di Sawingrai, jadi untuk menuju Pulau Arborek tidak terlalu lama, sekitar 40 menit. Namun jika ditempuh dari Waisai membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Untuk sewa boat rata-rata mulai Rp 1 juta per hari, bisa untuk 10 orang. Hamparan pemandangan indah dan lautan biru akan menemani kita sepanjang perjalanan menuju Pulau Arborek.

Saat kapal mulai mendekati Pulau Arborek, mata semakin terbelalak menyaksikan keindahannya. Pasir putih membentang, pantainya yang landai dan rindangnya pepohonan kelapa membuat hati tak sabar menginjakkan kaki di Pulau Arborek.

Dermaga kayu khas kepulauan kecil tempat boat kami bersandar. Dari atas dermaga kita dapat melihat ikan-ikan cantik menari-nari, siap untuk kita dokumentasikan. Terumbu karangnya pun kelihatan warna-warni dari atas dermaga. Tak sabar hati rasanya untuk siap snorkling. Ingin mengobati rasa rindu kami terhadap laut, dan sudah lama pula kekurangan Vitamin Sea.. hehe

Jika ingin diving, anda diharuskan memiliki lisensi diving. Disebutkan Pulau Arborek ini merupakan salah satu spot diving terbaik di Raja Ampat. Dengan snorkling anda dapat melihat indahnya terumbu-terumbu karang yang berwarna-warni, ikan-ikan cantik yang beragam dan sangat banyak. Apalagi kalau kita kasih makanan ikan atau sebatas roti atau biskuit. Ikan-ikan akan datang menghampiri dan berkumpul sangat banyak di dekat tangan kita.

1 comments:

Posting Komentar