Catatan dan inspirasi dari perjalanan dan petualangan hidup. Informasi paling lengkap tentang wisata. Semoga bisa bermanfaat. Jelajahi negeri, Cintai negeri, kenali Budaya dan Wisatanya.

Rabu, 09 November 2016

Pasir Timbul Raja Ampat

Posted by azis fals On 11.24 No comments


Satu lagi keindahan surga di tanah Papua, yaitu Pasir Timbul Raja Ampat. Sejatinya pasir timbul adalah hamparan pasir yang membentuk sebuah pulau kecil ditengah laut. Keberadaanya sendiri tergantung dari naik turun atau pasang surutnya air laut. Apabila air laut surut tepatnya pada siang sampai sore hari pengunjung dapat menginjakkan kaki di pasir timbul tersebut. Luas hamparan Pasir Timbul Raja Ampat tergantung dari surutnya permukaan air laut. 

Laut disekitar pasir timbul sangat mempesona, warnanya biru, hijau, tosca, ah indah sekali gradasi warnanya apalagi disaat cuaca cerah. Saat boat kami sandar dipasir, tak sabar langsung terjun ke hamparan pasir timbul. Pasirnya putih, bersih & halus. Airnya jernih dan bersih bak kolam renang raksasa yang indah. Apalagi saat itu pengunjungnya hanya rombongan dari boat kami, bak pulau dan keindahan ini milik kami sendiri,, hehe.



Kita dapat sepuas-puasnya menghabiskan waktu di sini untuk bermain-main air, berenang, main pasir atau hanya sekedar berjalan diatas pulau pasir timbul ini dan berselfie ria. 

Lokasinya tidak jauh dari Pulau Yenbuba atau sekitar 30 menit dari Pulau Yenbuba. Jika dari Pelabuhan Pariwisata Waisai dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam naik speedboat untuk mencapai destinasi ini. Rasanya tempat ini sangat recomended dan wajib dikunjungi jika ke Raja Ampat.


Sebenarnya keberadaan hamparan pasir-pasir timbul yang membentuk sebuah pulau dapat kita jumpai di berbagai tempat di Indonesia. Salah satunya yang pernah saya kunjungi adalah :
  1. Pulau Gosong di kepulauan Karimun Jawa Jepara Jawa Tengah
  2. Pualu Gusung di kepulauan Derawan Kalimantan Timur
  3. Pulau.... (lupa namanya) di Belitung Timur
  4. Pulau Bungin di Kecamatan Sapeken Sumenep Madura.
  5. Pulau Gili Kapal di Lombok Timur

Namun Pasir timbul di Raja Ampat Papua adalah yang paling indah yang pernah saya lihat dan kunjungi.


0 comments:

Posting Komentar