Catatan dan inspirasi dari perjalanan dan petualangan hidup. Informasi paling lengkap tentang wisata. Semoga bisa bermanfaat. Jelajahi negeri, Cintai negeri, kenali Budaya dan Wisatanya.

Kamis, 17 November 2016

5 Tempat yang Wajib dijelajahi di Kota Sabang

Posted by Unknown On 16.56 No comments


Foto : Gerbang utama @Pelabuhan Balohan Pulau Weh

Hallo sahabat setia pengikut blog azis fals#ups. hahaha :D
Kali ini saya akan berkontribusi di blog suami tentang cantiknya Kota Sabang. Ya sabang :) . Saya yakin saya  bukan orang pertama yang pernah berkunjung ke pulau ujung indonesia ini. Untuk kesempatan ini saya akan menulis cantiknya kota Sabang dari tempat yang sudah pernah saya kunjungi. Sungguh pengalaman yang tak terduga saya bisa menginjakkan kaki di pulau ini, pastinya sabang tidak akan pernah saya lupakan di dalam memori perjalanan saya seumur hidup. Karena dalam perjalanan ini saya ditemani sahabat super baik hati dari ujung pulau indonesiaaaa#Curhat T__T. oke fix lanjut...

Seperti yang kalian ketahui Sabang adalah kota yang terletak di pulau yang bernama Pulau Weh. Jangan salah ya, sabang itu bukan pulau gaes tapi kota. Untuk menuju Pulau Weh kalian harus menggunakan pesawat dari tempat asal ke Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh (Bandara paling unik versi saya karena banyak kubunya). Harga tiket Surabaya ke Banda Aceh bisa dilihat di traveloka atau tiket online ya gaes. kalau waktu saya pergi dulu sih masih 1,3 jt sekali terbang, itu masih lion#Hiks. Nahh setelah sampai di bandara, kalian bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi ke pelabuhan Uloe Lheue untuk menyebrang ke pelabuhan Balohan di Sabang. 

@Pelabuhan Balohan, Pulau Weh


Naaahh setelah tiba di pelabuhan Balohan, Kalian bisa mengunjungi spot wisata di Pulau Weh. Berikut beberapa tujuan objek wisata di Sabang yang berkesan versi saya....

1. Tugu Kilometer Nol Indonesia


Tugu Kilometer Nol Indonesia taraaaa...
Saya yakin bagi para traveller yang baru pertama kali berkunjung ke Sabang, tempat yang wajib kalian kunjungi adalah Tugu Nol Kilometer Indonesia#Soktau.Hahaha:D.  Untuk menempuh perjalanan kesini kalian bakalan di sambut puluhan orang utan yang berkeliaran dijalan. Jadi hati-hati ya gaes. Saya merekomendasikan kalian sewa mobil atau travel agar lebih aman. Lokasi Tugu ini berada di area Hutan Wisata Sabang, Tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba"u. Sekali lagi hati-hati untuk menempuh perjalanan kesini yah, karena perjalanannya berkelok-kelok dan cukup membahayakan bagi para driver yang belum mengetahui medan lokasi. okeee :)

2. Pantai Iboih

Next Pantai Iboih. Ada yang sudah pernah dengar pantai Iboih?? Hati" salah pengucapan ya gaes. Konon pas saya menyebut pantai Iboih menggunakan lidah jawa, saya langsung mendapat teguran dari teman asli Aceh. cz dibalik itu punya makna lain rupanya. hiks hiks#maaf.

Foto : Pantai Iboih,Sabang

Jarak antara Tugu Nol Kilometer cukup dekat dengan pantai Iboih loh gaes. Jadi biar hemat waktu, saya sarankan menuju lokasi ini setelah dari Tugu Nol Kilometer. Pantai ini cukup dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara loh, cz ada kampung bule disana. Konon banyak warga asing yang menetap bertahun-tahun sampai turun temurun. Naaah.. khasnya pantai Iboih ini kalian bisa menikmati indahnya pesona pantai di atas perahu mesin yang disediakan penyewa. Tahun 2014 nih harga sewa perahu kaca 250 ribu untuk 6-10 penumpang, itu uda sampai ke pulau Rubiah PP loh. Nah untuk perahu biasa (non kaca) cukup 200 ribu. Murah kan?? Kelebihan perahu kaca kalian bisa melihat indahnya terumbu karang dari atas perahu loh, so kalian g usah nyebur dulu. Santaiiiii, lebih aman bagi yang g' jago snorkling seperti saya dulu. hahaha :D. Nahh kalau uda di lokasi pantai Iboih rasanya kalian wajib nyebrang ke Pulau Rubiah (Lihat foto pulau yang dibelakang saya). Yaaah itu adalah pulau Rubiah. Cukup deket di mata, tapi jauh di kaki kalau mau renang#Hiks T___T


3. Pulau Rubiah

Foto by Trover.com

Maaf sekali sahabat bloger, foto asli pulau ini masih tersimpan di hardisk teman, so saya ambilkan dari Trover.com atau kalian bisa check di foto-foto Pulau Rubiah di google yang tak kalah menarik. Nahh sejarah nama Rubiah diambil dari sebuah makam yang terdapat di Pulau ini yang bernama Cut Nyak Rubiah, hal itulah yang menjadikan pulau ini bernama Pulau Rubiah. Bagi para traveller yang suka snorkling atau diving,  spot ini adalah spot terbaik buat kalian bisa berfoto bersama ikan-ikan hias kecil yang cukup ganas #karena saya korban gigitan T__T. 


4. Pantai Kasih


Buat yang suka ngejar sunset nih, Pantai kasih merupakan lokasi yang cakep buat ambil panorama sunset loh. Saya rekomendasikan untuk berkunjung ke lokasi ini sore hari menjelang terbenam yah. Foto ini saya ambil pukul 18.20 WIB loh. Bagi saya pulau yang bikin saya malas adalah sabang, karena hanya disini matahari terbit pukul 6.30 dan terbenam 18.40. Bisa dibilang WIBB ya (Waktu indonesia barat banggeeet).


5. Pantai Anoi Itam


Dalam bahasa aceh Anoi berarti pasir, sedangkan Itam berarti hitam. Jadi bisa disimpulkan bahwa Pantai Anoi Itam merupakan pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna hitam. Untuk bisa ke bibir pantai perlu tenaga exstra melewati bebatuan loh gaes. Jadi hati" yah. Suasana disini sangan cocok untuk santai. Saya sarankan untuk sore hari jika kalian ingin merasakan kenyamanan dan sepoi-sepoinya angin pantai.


Dan keenam, ketujuh, kedelapan masih banyak lagi T___T. Rasanya saya harus bercerita secara langsung biar kalian greeeget angkat ransel. wakakakak. Ini hanya 5 spot yang saya rekomendasikan. Masih banyak lokasi yang menarik yang harus dikunjungi. mulai dari tempat santai, wisata kuliner, dst. Nah kenapa saya bilang pulau ini berbeda dengan pulau lainnya. cz di sabang masih asri, g seramai pas kita di aceh gaes#pastinya yaah T__T. Jangan salah, sepanjang jalan dari Tugu Nol Kilometer yang dipucuk sampai pelabuhan balohan jalannya mulus. Jadi jangan khawatir yah sahabat bloger.

Foto : Perjalanan ke Pantai Sumur Tiga

0 comments:

Posting Komentar