Catatan dan inspirasi dari perjalanan dan petualangan hidup. Informasi paling lengkap tentang wisata. Semoga bisa bermanfaat. Jelajahi negeri, Cintai negeri, kenali Budaya dan Wisatanya.

Jumat, 12 Mei 2017

Kaldu Kikil Pamekasan

Posted by azis fals On 09.34 No comments

Satu lagi kuliner andalan pulau Madura, yaitu kaldu kikil.. Kuliner ini hadir di setiap kabupaten pulau madura, dengan khas dan ciri yang sedikit berbeda. Di sampang misalnya, dengan sumsum dari tulang2 potongan kaki yang besar2. Di pamekasan, ada campuran kacang hijaunya atau di sumenep ada sedikit singkong rebusnya. Hm,, soal rasa, juara semua..Kaldu ini adalah makanan khas Madura, yang terkenal khususnya daerah Sumenep, Pamekasan dan sebagian Sampang. Jangan berpikir kalau kaldu itu adalah air rebusan dari ayam maupun daging. Karena di Madura, kaldu tak sekedar air rebusan, kaldu adalah makanan komplit yang sudah siap santap, seperti Rawon atau Soto.

Kali ini saya tampilkan gambar kuliner kaldu kikil khas pamekasan.. salah satu warung yang terkenal dari dulu ada di perumahan nyalabu pamekasan dan daerah pakong Pamekasan. 

Kaldu Kikil disajikan dengan potongan kikil dan diberi lebih banyak kuah bubur kacang hijau yang membuat kuah gurihnya semakin kental. Biasa disantap dengan lontong atau pengunjung bisa request nasi sesuai selera. Jika pelanggan ingin menambah rasa manis tinggal menambahkan bumbu kacang halus yang sudah disediakan di piring terpisah.
Kaldu kikil rata2 harganya diatas Rp 20.000 rupiah perporsi.

Namun tidak disarankan ya, sering-sering makan makanan ini,, karena selain mengandung banyak kolesterol juga lumayan nguras kantong,, hehe..

Salam super mantap

0 comments:

Posting Komentar